Pilih Laman

KabarIndonesia РJakarta, Tujuh ruas tol ditargetkan beroperasi Mei ini namun sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan uji laik fungsi terlebih dahulu.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, uji laik fungsi dilakukan bersama Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas Polri yang terbagi ke dalam tiga subtim.

Subtim 1 mengevaluasi aspek keselamatan dan manajemen lalu lintas; Subtim 2 mengevaluasi aspek sarana jalan, jembatan, dan bangunan pelengkap; dan Subtim 3 mengevaluasi aspek administrasi dan operasi.

Laporan mengenai rencana Evaluasi Laik Fungsi sudah disampaikan pada akhir April lalu kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

“Evaluasi laik fungsi jalan tol diselenggarakan dalam rangka pemenuhan persyaratan aspek teknis, operasi, dan administrasi sebagai jalan tol yang berkeselamatan,” kata Herry dalam keterangan tertulis, Rabu (2/5/2018)

Ketujuh ruas tol itu adalah Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen sepanjang 36 kilometer, Tol Bogor Outer Ring Road Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin sepanjang 2 kilometer, dan Tol Medan Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 kilometer.

Kemudian Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 SS Rembang-SS Pasuruan sepanjang 6,6 kilometer, Akses Dryport Cikarang Tol Jakarta-Cikampek sepanjang 3,5 kilometer, Tol Pejagan-Pemalang Seksi SS Brebes Timur-Sewaka sepanjang 37 kilometer, dan Tol Pemalang-Batang Seksi Sewaka-SS Pemalang 5,2 kilometer.

“Sebelum evaluasi, BPJT juga telah melakukan Pra Laik Fungsi terhadap beberapa ruas tol yang hampir selesai. Misalnya, pada ruas Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun Sragen, Tol Bogor Ring Road Seksi 2B, Tol MKTT Seksi 1, dan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2.” sebut Kepala BPJT kepada Dani Prabowo, kompas.com.

Hasil evaluasi dinyatakan perlu adanya penyelesaian pekerjaan berupa perapian-perapian yang ditargetkan selesai pada minggu pertama hingga minggu kedua Mei 2018.

Adapun untuk Akses Dryport Cikarang dalam tahap penyelesaian perbaikan permukaan perkerasan dan kelengkapan peralatan transaksi tol yang akan selesai pada akhir Mei 2018.(*) Ket. dan Sumber Foto: Ruas tol Solo-Ngawi (Kompas.com)